Skip to main content

3 Sunscreen untuk wajah dan badan- Tanpa pewangi

3 Sunscreen untuk wajah dan badan- Tanpa pewangi
Siapa dari kalian yang kulitnya tidak tahan matahari? bukan tidak tahan karena takut kulit menggelap, tapi karena kulit badan kita tidak kuat menerima sinar matahari. Barangkali inilah penyebab kalian anti matahari seperti saya. Silahkan disimak sebentar artikel ini.

Sangat tidak mungkin menghindari matahari di Negara tropis Indonesia, apalagi di Jakarta-Bekasi yang selalu saya lewati dan mondar-mandir di kota tersebut. Semenjak saya remaja saya tidak rutin dan salah dalam mengaplikasikan sunscreen pada kulit sehingga saya harus membayarnya ketika saya dewasa. Sebenarnya saya sudah mengalami alergi matahari ini sejak dulu seperti timbul gatal, timbul ruam merah atau muncul seperti keringat buntet dibagian tertentu pada bagian badan yang mudah terekspos matahari. Sangat disayangkan, saya cuek saja dan tidak terlalu mendalami mengapa saya mengalami alergi tersebut. Long story short, saya mulai paham dan mulai mau untuk merawat kulit saya, karena pada akhirnya alergi ini semakin menyebalkan, dan menggaggu.

Semenjak saya alergi bahan pewangi pada skincare dan juga matahari, saya mulai rutin menggunakan sunscreen tidak hanya di wajah tapi juga di badan. Biasanya saya hanya mengaplikasikan sunscreen di area badan saya yang hanya terekspos matahari, saya tidak pernah lagi berpanas-panas ria lebih dari 1 jam, kalaupun memang terpaksa, saya akan reapply sunscreen. Yang penting kulit saya nantinya tidak terlalu parah mengalami gatal-gatal, muncul ruam, perih, dan lain-lain.

Orang lain akan heran jika mengetahui saya alergi matahari, mereka kira saya bercanda atau hanya mencari alasan karena takut hitam. Saya sudah memakai rutin sunscreen dan mengoleskan kembali sunscreen setiap 2 jam jika saya memang berjam-jam di luar ruangan pada siang hari. Gatal pada kulit akan muncul jika terkena matahari lebih dari 3 jam dan muncul ruam pada tangan, kaki dan paha, lebih seringnya muncul ruam pada tangan dan leher. Ini akan semakin parah jika saya tidak memakai sunscreen sama sekali apalagi jika tidak cepat merawat kulit saya setelahnya. Semenjak itulah saya sangat menghindari matahari, saya bahkan benci pantai pada akhirnya, hehehe.
Tidak disarankan berjam-jam mandi matahari walaupun sudah menggunakan sunscreen, apalagi main layangan tanpa sunscreen
Alergi gatal saya akan semakin parah jika saya menggunakan sunscreen dengan tambahan pewangi buatan atau essential oil didalamnya. Inilah mengapa saya pada akhirnya selalu memperhatikan dan membaca komposisi pada sunscreen sebelum saya memutuskan untuk membelinya. Sunscreens untuk badan cukup sulit ditemukan, kebanyakan sunscreen di pasaran adalah untuk wajah. Dulu saya menggunakan sunscreen Nivea produksi indonesia yang tidak pernah saya gunakan lagi karena semua bahan pada sunscreen tersebut menggunakan tambahan pewangi dan menjadikan kulit saya sensitif, alias gatal. Saya sangat sedih untuk mengucapkan selamat tinggal pada sunscreen itu karena sunscreen nivea cukup murah dan memiliki ukuran yang besar untuk area badan.

Setelah saya bisa move on dari Nivea dan bisa mengatakan TIDAK pada pewangi di Sunscreen. Saya memutuskan untuk memakai sunscreen apapun yang tidak ada pewanginya. Berikut adalah 3 Sunscreens yang saya gunakan di badan saya :

1. Erha 21 Perfect shield Helios - SPF 50 PA++
Chemical sunscreen ini saya gunakan di area badan saya karena Erha helios ini tidak cocok digunakan di wajah saya yang berminyak. Tekstur nya padat berwarna putih yang sangat melembabkan untuk kulit kering sehingga sangat cocok digunakan di area badan saya yang kering. Jika saya gunakan diwajah saya, kulit wajah saya akan terasa lengket dan semakin terlihat berminyak, selain itu bahan filter UV nya pun cukup banyak sehingga membuat area mata saya terasa perih dan berair seharian. Saya kurang paham fungsi dari bahan nymphaea alba flower extract (bunga lily) yang terdapat di salah satu bahan sunscreen ini, apakah ini digunakan sebagai pewangi atau bukan karena memang sunscreen Erha ini masih tercium sekilas wewangian tapi saya tidak tahu apakah muncul dari bunga lily tersebut karena saya tidak tahu wangi bunga lily seperti apa hehe. Terlepas dari bahan bunga lily tersebut, saya tidak mengalami iritasi atau gatal pada kulit badan saya setelah saya menggunakannya.
Where to buy :
Watsons-Grand Indonesia, Jakarta
3 Sunscreen untuk wajah dan badan- Tanpa pewangi
Ingredients :
Aqua, octocrylene (UVB), octyl salicylate (UVB), styrene/ acrylates copolymer, propanediol, polymethyl methacrylate, dicaprylyl carbonate, cetearyl alcohol, dicetyl phosphate, ceteth-10 phosphate, BHT, methylene bis-bencotriazolyl tetramethylbutylphenol (UVA+UVB), decyl glucoside, propylene glycol, xanthan gum, glycerin, glycine soja extract, calcium chloride, sodium palmitoyl proline, nymphaea alba flower extract (bunga lily), dipropylene glycol, phenylbenzimidazole sulfonic acid (UVB), cetearyl ethylhexanoate, caprylic/ capric triglyceride, glyceryl monostearate, triethanolamine, C12-15 alkyl benzoate, 4-methylbenzylidene camphor (UVB), butyl methoxydibenzoylmethane (UVA), dimethicone, hydrolyzed wheat protein/ pvp crosspolymer, edta, ethylhexylglycerin, d-panthenol, acrylates/ C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, tocopheryl acetate, disodium edta, ubiquinone, phenoxyethanol, potassium sorbate, methylparaben, propylparaben.


Keterangan Ingredients:
Chemical filter: octocrylene, octyl salicylate, methylene bis-bencotriazolyl tetramethylbutylphenol, phenylbenzimidazole sulfonic acid, 4-methylbenzylidene camphor , butyl methoxydibenzoylmethane.
Antioxidant : tocopheryl acetate, ubiquinone.
Moisturizer : glycerin, d-panthenol, glycine soja extract, dipropylene glycol, ethylhexylglycerin.

2. Erha 21 Perfect shield UVA+UVB Sunscreen gel - SPF 30 PA++
Erha perfect shield ini memiliki tekstur krim tetapi lebih ringan dari erha helios dan konsistensinya juga lebih ringan seperti gel. Saya dapat menggunakan sunscreen gel ini untuk wajah dan badan saya. Kemasannya unik seperti tube balsem dan sangat mungil sehingga mudah untuk dimasukkan ke makeup pouch saya yang kecil. saya lebih suka dengan model  kemasan yang mulut pada leher tube seperti ini tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil seperti Erha helios yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengeluarkan isi nya, sedangkan yang kita tahu bahwa menggunakan sunscreen yang tepat ke seluruh wajah adalah mengaplikasikan sebanyak hampir 1/4 sendok teh atau 2 ruas jari.
Erha 21 perfect shield ini tidak ada wewangian yang muncul seperti Erha helios yang memiliki tambahan bahan bunga lily didalamnya.
Where to buy:
Watsons-Grand Indonesia, Jakarta
3 Sunscreen untuk wajah dan badan- Tanpa pewangi
Ingredients :
Aqua, ethylhexyl salicylate, ethylhexyl methoxycinnamate, cetearyl ethylhexanoate, polymethyl methacrylate(PMMA), phenylbenzimidazole sulfonic acid, propanediol, glyceryl monostearate, triethanolamine, butyl methoxydibenzoylmethane, cetearyl alcohol, dicetyl phosphate, ceteth-10 phosphate, bht, cyclomethicon, 4 methylbenzylidene camphor, octocrylene, propylene glycol, aloe barbadensis leaf extract, tocopheryl acetate, panthenol, acrylates/c10-30 alkyl acrylate crosspolymer, disodium edta, xanthan gum, carrageenan, methylparaben, propylparaben.

3. Skinaqua uv moisture milk SPF 50+ pa+++
Sunscreen Skin Aqua produksi Jepang ini memiliki bahan filter campuran chemical dan mineral sunscreen. Skin Aqua moisture milk ini tetap membuat perih dan berair mata saya walaupun terdapat bahan filter zinc oxide didalamnya. Tekstur nya cair dan harus dikocok sebelum digunakan. Saya agak bingung dengan hasil akhir sunscreen ini jika saya gunakan diwajah jadi terasa lengket dan berminyak, padahal tidak ada tambahan oil pada bahan didalamnya dan daya melembabkannya sangat berlebihan untuk wajah saya yang berjenis kulit berminyak. Hal tersebut tidak terjadi jika di oleskan ke area badan saya, tapi daya lembab nya masih kurang untuk badan saya yang kering. Saya tidak terlalu mempermasalahkan kelembaban tersebut pada padan saya, karena toh saya selalu memakai pelembab sebelum memakai sunscreen ini. Dan yang paling saya sukai adalah harga pada sunscreen ini sangat murah dan mudah di temukan di drugstores dan di mall-mall terdekat.

Where to buy :
Farmers market bekasi
3 Sunscreen untuk wajah dan badan- Tanpa pewangi
Ingredients:
Water, Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Silica, Dimethicone, Triethoxysilylethyl Polydimethylsiloxyethyl Hexyl Dimethicone, Lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Isononyl Isononanoate, Polymethylsilsesquioxane, Butylene Glycol, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Acrylates/​Dimethicone Copolymer, Glycerin, Lauroyl Lysine, Methylparaben, Propylparaben, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Panthenol, Dipotassium Glycyrrhizate, Hydrolyzed Collagen.

Keterangan Ingredients:
Antioxidant: Tocopheryl Acetate
Moisturizer or humectant: Glycerin, Sodium Hyaluronate, panthenol, Sodium Acetylated Hyaluronate
Soothing: Panthenol, Dipotassium Glycyrrhizate
Sunscreen: Zinc Oxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate





Comments

Popular posts from this blog

REVIEW - 3 JOYLAB Sunscreens

I bought these sunscreens because it says no fragrance dimana saya selalu mengutamakan skincare product saya free of fragrance. Inilah mengapa saya tertarik untuk mencoba sunscreens dari Brand JOYLAB. Awalnya saya tahu brand ini dari website sociolla.com dan setelah cek ingredients di website JOYLAB tidak ada tambahan pewangi dan pewarna buatan, tapi web sociolla error berhari hari setelah maintenance. Jadi saya memutuskan untuk membelinya di shopee mall . Setelah paket saya terima, saya langsung baca keterangan pada kemasan. Tertulis bahwa produk mereka diproduksi di Thailand . Mungkin sama seperti brand MADFORMAKEUP yang merupakan brand lokal tapi produksi German . Hmm, interesting. Results / Hasil dari 3 sunscreens Joylab: +Ke 3 sunscreen ini semuanya menghasilkan white cast, so be aware if you have medium or darker skin tone i believe 100% you won't like it. +If you don't mind the scent of citrus oil and has fair to light skin tone, you might try the Brighter S

sheet mask non perfume untuk kulit sensitif

Di awal muncul nya sheet mask korea, saya sempat tergila-gila dengan produk tersebut. Semua orang pakai sheet mask, sampai saya ikut-ikutan menggunakannya setiap malam sebelum tidur. Lalu muncul brand-brand korea yang memproduksi berbagai macam sheet mask sampai saya kewalahan mau pakai yang mana, lalu saya beli semua, buang-buang duit, lalu menyesal kemudian, ouch.  Kalau di ingat-ingat lagi rutinitas saya setiap hari dengan sheet mask benar-benar konyol, seperti kurang kerjaan, pengangguran yang pingin cepat kaya lalu putus asa melakukan segala cara. Di awal-awal pemakaian memang wajah terlihat semakin cerah dan kenyal. lama-lama kalau diteliti lebih lanjut, wajah saya kadang gatal, muncul kemerahan disebagian wajah, lalu jerawat nasi muncul, ternyata semua sheet mask yang saya coba dulu itu mengandung banyak parfum, fruit extract, bahkan essential oil, intinya adalah saya jadi alergi karena bahan pewangi tersebut. Kalau dipikir-pikir ngapain juga saya taroh pewangi di wajah s

9 Serum Lokal Terbaik Tanpa Pewangi

Salah satu kekurangan dari brand lokal adalah tidak mencantumkan full ingredients pada official website mereka. Sebelum saya membeli suatu produk, saya termasuk orang yang mengutamakan membaca komposisi lengkap suatu produk. Sangat disayangkan bahwa sebagian website lokal brand masih malas mencantumkan komposisi lengkap mereka ditiap produknya. Did you know, Dermatologist tested doesn't mean Dermatologist Approved  Semoga lokal brand membuang bahan-bahan seperti : -PARFUM -ESSENTIAL OILS -MENTHOL -DRY ALCOHOL -GOLD Komposisi tersebut diatas adalah bahan yang mengiritasi kulit. Seandainya saja kalian tidak malas mencari tahu tentang bahan-bahan tersebut, kalian akan menemukan banyak sumber yang mengatakan bahwa komposisi tersebut sama sekali tidak ada manfaat nya selain dapat mengiritasi kulit sensitive, memperparah kulit berjerawat. Tidak ada penelitian yang memberikan hasil positif untuk kulit atas bahan-bahan diatas. You don't need your face to smell like a bottle

5 Cleansing Oil Tanpa Pewangi

Fungsi dari cleansing oil ini sama seperti micellar water yaitu step pertama untuk membersihkan makeup, debu, sunscreen, waterproof mascara, eye liner, dan sebagainya. Perbedaannya adalah cleansing oil menggunakan bahan utama oil sebagai formula pembersihnya. Tidak seperti micellar water yang membutuhkan kapas, cleansing oil/minyak pembersih hanya digosokkan menggunakan tangan ke seluruh wajah dan leher, lalu dibilas, setelah itu lakukan step ke 2 yaitu mencuci wajah dengan facial wash. Dibawah ini adalah 5 produk cleansing oil bebas dari pewangi yang menjadi favorit saya: 1. Hada labo - Ultimate moisturizing cleansing oil- 100ml Cleansing oil dari Hada Labo ini memiliki bahan hyaluronic acid agar kulit wajah tetap lembab dan tidak mengandung bahan pewarna, pewangi. Sangat lembut di wajah sekaligus ampuh membersihkan makeup, waterproof mascara, sunscreen, dll. ------------------------------------- Ingredients : Ethylhexyl Palmitate, Triethylhexanoin, Sorbeth-30 Tetraiso