Skip to main content

4 Body Lotion untuk kulit kering- Erha, Aveeno, Muji, Hada Labo

4 Body Lotion untuk kulit kering- Erha, Aveeno, Muji, Hada Labo
Saya adalah penggemar skincare tanpa bahan pewangi, menurut saya pewangi pada perawatan kulit adalah bahan yang tidak penting dan tidak ada fungsinya sama sekali selain membuat iritasi kulit saja. Berikut adalah 4 produk Body Lotion atau Pelembab badan untuk kulit kering sensitif yang menjadi favorit saya :

1. Erha - Erhalogy Intensive Moisturizer Carbamide Cream 20% 
Carbamide adalah nama lain dari Urea. Urea pada cream atau produk perawatan kulit dapat digunakan dalam perawatan, pencegahan, mengontrol, dan penyembuhan penyakit pada kulit seperti kulit kering dan kasar, kapalan, eksim, dan sebagainya. 
Krim Erha yang saya beli dan gunakan ini memiliki bahan 20% urea pada produknya yang memiliki tekstur tebal dan padat. Warnanya putih pekat tanpa bahan pewangi tapi tidak ada tercium sama sekali bau yang aneh pada produknya, karena sebagian cream walaupun tanpa bahan pewangi tapi ada yang mengeluarkan bau yang aneh jika dicium produknya.
Saya biasanya menggunakan Carbemide cream ini di bagian belakan tangan saya, lutut, siku, dan bagiang bawah kaki. Saya selalu mengaplikasikan krim ini kembali setelah cuci tangan. Krim ini sangat membantu kulit tangan saya yang selalu kering tetap lembab jika saya seharian di dalam ruangan ber-AC.
Mungkin ini terdengar aneh, saya memiliki alergi terhadap matahari yang terik walaupun saya sudah memakai sunscreen. Jika saya terlalu sering dan lama diluar ruangan terkena sinar matahari, bagian tangan saya selalu terasa cepat kering, muncul ruam, dan gatal. Maka dari itu jika saya sudah selesai dengan urusan matahari, saya selalu cepat mengatasinya dengan mengolesi krim erha ini dibagian tangan saya dan permasalahan seperti ruam, gatal dan kering sama sekali berkurang dan bahkan tidak muncul kembali.
4 Body Lotion untuk kulit kering- Erha, Aveeno, Muji, Hada Labo
4 Body Lotion untuk kulit kering- Erha, Aveeno, Muji, Hada Labo
Permasalahan pada krim ini adalah agak lama meresap dan sulit di ratakan jika diaplikasian keseluruh badan dalam kondisi kering, tapi sangat mudah di ratakan jika saya menggunakan nya langsung setelah saya selesai mandi tanpa mengeringkan badan saya dengan handuk, ternyata krim ini lebih mudah digunakan jika badan dalam kondisi basah. Inilah mengapa saya hanya menggunakan krim ini sebagai hand cream yang selalu ada di laci kantor saya, lebih simple dan efektif.
Pros :
* Melembabkan dan menghaluskan kulit tangan
* Hanya butuh sedikit sekali produk untuk di gunakan sebagai hand cream
* Cepat menyembuhkan ruam dan kulit kering pada kulit tangan
* Menyembuhkan gatal pada kulit tangan akibat iritasi matahari, sabun cuci piring
* Efektif digunakan sebagai hand cream di cuaca yang kering / di ruangan ber-AC
Cons :
* Tekstur seperti butter/mentega pada awal pengolesan ke kulit tangan jadi terasa berminyak (Tips : jangan pakai produk terlalu banyak* lihat gambar diatas)
* Agak sulit diratakan jika digunakan ke seluruh badan.
* Sedikit lebih lama menyerap ke kulit apalagi jika dipakai berlebihan.

Where to buy :
sociolla.com/Erhalogy Intensive Moist. Carbamide 20%

Ingredients :
Aqua, urea, paraffinum liquidum, ethylhexyl palmitate, petrolatum, cetyl alcohol, dimethyl sulfone, sodium lactate, sodium PCA, steareth-2, steareth-21, cyclomethicone, isopropyl myristate, propylene glycol, sorbitol, gluconolactone, aloe barbadensis leaf extract, panthenol (vit. B5), stearyl alcohol, C10-30 cholesterol/lanosterol esters, bisabolol, dimethicone, tocopheryl acetate, bht, sodium hyaluronate, acrylates/c10-30 alkyl acrylate crosspolymer, lactic acid, methylparaben, propylparaben.

2. Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream
Krim Aveeno baby ini mengandung colloidal oatmeal dan emolien sebagai pelembab untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, gatal, dan iritasi kulit ringan (mis. Ruam popok, kulit terbakar akibat terapi radiasi atau matahari). Emolien (mis. white petrolatum) adalah zat yang melembutkan dan melembabkan kulit serta mengurangi gatal dan mengelupas yang sebagian besar digunakan untuk melindungi kulit dari iritasi.
Sama halnya seperti Erha carbamide 20%, krim Aveeno baby ini menggunakan bahan petrolatum yang padat dan memasukkan bahan dasar pelembab untuk kulit kering sensitive seperti oatmeal. Selain itu, terdapat juga shea butter yang merupakan salah satu bahan pelembab yang occlusive yang biasanya dicintai oleh jenis kulit kering. 
Warna pada krim Aveeno baby ini tidak terlalu putih pekat seperti Erha, walaupun memiliki tekstur yang padat seperti erha, krim Aveeno ini lebih cepat meresap dan tidak lengket walaupun dipakai agak banyak, sangat mudah diratakan keseluruh badan. Saya selalu menggunakan pelembab Aveeno baby ini keseluruh badan setiap malam setelah mandi.
4 Body Lotion untuk kulit kering- Erha, Aveeno, Muji, Hada Labo
Fungsi pelembab ini kurang lebih sama dengan Erha Intensive Moisturizer Carbamide Cream 20%, namun produk Aveeno dari perusahaan Johnson & Johnson ini formulanya tidak berminyak, ukuran pada tubenya cukup besar dengan tekstur yang lebih ringan dan mudah diratakan, serta cepat meresap ke kulit.
Kelebihannya :
* Melembabkan dan menghaluskan kulit badan.
* cepat menyerap dikulit tanpa terkesan lengket dan berminyak
* mempercepat penyembuhan ruam kulit dan gatal
* Nyaman digunakan seharian dan menenangkan kulit
Kekurangannya :
Tidak ada kekurangannya

Where to buy:
↦ Watsons Grand Indonesia, Jakarta

Ingredients : 
Water, glycerin, distearyldimonium chloride, petrolatum, isopropyl palmitate, cetyl alcohol, avena sativa (oat) kernel flour, avena sativa (oat) kernel extract, avena sativa (oat) kernel oilbutyrospermum parkii (shea) butter, steareth-20, sodium chloride, benzyl alcohol.

3. Muji Moisturizing milk Moisture
Pelembab wajah yang saya gunakan di badan saya ini adalah dari brand Muji, Jepang. Dipertengahan bulan desember, tahun 2019 lalu, saya baru sadar bahwa Muji memproduksi skincare juga di toko offline yang saya temukan secara tidak sengaja di Grand Indonesia, Jakarta. Biasanya saya hanya mencari dan membeli clothing wanita di store tersebut. Di Indonesia, line skincare Muji masih kurang lengkap, tidak seperti di website Muji yang menghadirkan berbagai macam jenis skincare dan juga kosmetik.
Saya menggunakan moisturizing milk dari Muji ini yang memang di khususkan untuk kulit sensitive. Harga dan ukuran dari produk ini juga cukup seimbang, 200ml dengan harga IDR 130.000. Teksturnya hampir sama seperti Hada labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion dan Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Milk, tapi sedikit lebih kental dari Hada labo. Tekstur cair seperti inilah yang saya sukai untuk digunakan sebagai pelembab badan di pagi hari. Sangat ringan tapi juga melembabkan, sangat instant menyerap ke kulit dan nyaman dipakai seharian tanpa perasaan lengket menjelang siang hari jika sudah mulai gerah karena cuaca panas matahari.
Where to buy :
↦Muji, Grand Indonesia-Jakarta
4 Body Lotion untuk kulit kering- Erha, Aveeno, Muji, Hada Labo

4 Body Lotion untuk kulit kering- Erha, Aveeno, Muji, Hada Labo
Ingredients :
Water, Dipropylene Glycol, Glycerin, Ethylhexyl Palmitate, PEG-32, Squalane, Pentylene Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Olive Fruit Oil, Glycosyl Trehalose, Phenoxyethanol, Hydrogenated Starch Hydrolysate, Carbomer, Xantham Gum, Butylene Glycol, Arginine, Allantoin, Tetrasodium Etidronate, Polyquaternium-51, Grapefruit Seed Extract, Purslane Extract.

4. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Milk.
Saya membutuhkan produk body lotion yang cepat meresap, tidak lengket, dan juga ringan digunakan di badan saya di pagi hari, apalagi di musim panas, bahkan musim hujan sekalipun.
I don't know about you tapi saya menggunakan pelembab wajah Hada Labo ini sebagai body lotion di pagi hari sebelum beraktifitas, formulanya yang agak cair memudahkan saya dalam meratakannya di badan saya dan cukup melembabkan kulit badan saya yang kering tanpa perasaan lengket. Beberapa pelembab badan yang saya gunakan di pagi-siang hari akan sangat tidak nyaman jika badan sudah mulai gerah, sehingga saya memilih Pelembab wajah dari Hada Labo ini sebagai body lotion. Biasanya saya juga menggunakan Hada labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion sebagai alternatif lain yang saya gunakan di badan saya setiap pagi-siang hari.
Selain harganya yang sangat murah, ukuran pada botol pelembab Hada Labo ini cukup besar yaitu 100ml, dan tentu saja dengan bahan yang minim tanpa pewangi. Inilah mengapa saya lebih memilih brand seperti Hada Labo ini sebagai pelembab rutin saya di pagi hari.

Where to buy:
↦ sociolla.com/Shirojyun Ultimate Whitening Milk
Ingredients :
Water, dipropylene glycol, triethylhexanoin, isopropyl palmitate, arbutin( pencerah kulit), glycerin, glyceryl stearate, pentylen glycol, PEG-20 sorbitan isosterate, cetyl alcohol, limnanthes alba ( meadowfoam) seed oil, xanthan gum, hydroxyethylcellulose, methylparaben, disodium edta, carbomer, triethanolamine, sodium hyaluronate, magnesium ascorbyl phosphate (antioxidant).

Kesimpulan :
1. Erha saya gunakan sebagai Hand cream di ruangan ber AC
2. Aveeno saya gunakan sebagai body lotion di malam hari
3. Muji dan Hada Labo saya gunakan sebagai body lotion di pagi-siang hari, terkadang saya gunakan juga di malam hari.










Comments

Popular posts from this blog

REVIEW - 3 JOYLAB Sunscreens

I bought these sunscreens because it says no fragrance dimana saya selalu mengutamakan skincare product saya free of fragrance. Inilah mengapa saya tertarik untuk mencoba sunscreens dari Brand JOYLAB. Awalnya saya tahu brand ini dari website sociolla.com dan setelah cek ingredients di website JOYLAB tidak ada tambahan pewangi dan pewarna buatan, tapi web sociolla error berhari hari setelah maintenance. Jadi saya memutuskan untuk membelinya di shopee mall . Setelah paket saya terima, saya langsung baca keterangan pada kemasan. Tertulis bahwa produk mereka diproduksi di Thailand . Mungkin sama seperti brand MADFORMAKEUP yang merupakan brand lokal tapi produksi German . Hmm, interesting. Results / Hasil dari 3 sunscreens Joylab: +Ke 3 sunscreen ini semuanya menghasilkan white cast, so be aware if you have medium or darker skin tone i believe 100% you won't like it. +If you don't mind the scent of citrus oil and has fair to light skin tone, you might try the Brighter S

sheet mask non perfume untuk kulit sensitif

Di awal muncul nya sheet mask korea, saya sempat tergila-gila dengan produk tersebut. Semua orang pakai sheet mask, sampai saya ikut-ikutan menggunakannya setiap malam sebelum tidur. Lalu muncul brand-brand korea yang memproduksi berbagai macam sheet mask sampai saya kewalahan mau pakai yang mana, lalu saya beli semua, buang-buang duit, lalu menyesal kemudian, ouch.  Kalau di ingat-ingat lagi rutinitas saya setiap hari dengan sheet mask benar-benar konyol, seperti kurang kerjaan, pengangguran yang pingin cepat kaya lalu putus asa melakukan segala cara. Di awal-awal pemakaian memang wajah terlihat semakin cerah dan kenyal. lama-lama kalau diteliti lebih lanjut, wajah saya kadang gatal, muncul kemerahan disebagian wajah, lalu jerawat nasi muncul, ternyata semua sheet mask yang saya coba dulu itu mengandung banyak parfum, fruit extract, bahkan essential oil, intinya adalah saya jadi alergi karena bahan pewangi tersebut. Kalau dipikir-pikir ngapain juga saya taroh pewangi di wajah s

9 Serum Lokal Terbaik Tanpa Pewangi

Salah satu kekurangan dari brand lokal adalah tidak mencantumkan full ingredients pada official website mereka. Sebelum saya membeli suatu produk, saya termasuk orang yang mengutamakan membaca komposisi lengkap suatu produk. Sangat disayangkan bahwa sebagian website lokal brand masih malas mencantumkan komposisi lengkap mereka ditiap produknya. Did you know, Dermatologist tested doesn't mean Dermatologist Approved  Semoga lokal brand membuang bahan-bahan seperti : -PARFUM -ESSENTIAL OILS -MENTHOL -DRY ALCOHOL -GOLD Komposisi tersebut diatas adalah bahan yang mengiritasi kulit. Seandainya saja kalian tidak malas mencari tahu tentang bahan-bahan tersebut, kalian akan menemukan banyak sumber yang mengatakan bahwa komposisi tersebut sama sekali tidak ada manfaat nya selain dapat mengiritasi kulit sensitive, memperparah kulit berjerawat. Tidak ada penelitian yang memberikan hasil positif untuk kulit atas bahan-bahan diatas. You don't need your face to smell like a bottle

5 Cleansing Oil Tanpa Pewangi

Fungsi dari cleansing oil ini sama seperti micellar water yaitu step pertama untuk membersihkan makeup, debu, sunscreen, waterproof mascara, eye liner, dan sebagainya. Perbedaannya adalah cleansing oil menggunakan bahan utama oil sebagai formula pembersihnya. Tidak seperti micellar water yang membutuhkan kapas, cleansing oil/minyak pembersih hanya digosokkan menggunakan tangan ke seluruh wajah dan leher, lalu dibilas, setelah itu lakukan step ke 2 yaitu mencuci wajah dengan facial wash. Dibawah ini adalah 5 produk cleansing oil bebas dari pewangi yang menjadi favorit saya: 1. Hada labo - Ultimate moisturizing cleansing oil- 100ml Cleansing oil dari Hada Labo ini memiliki bahan hyaluronic acid agar kulit wajah tetap lembab dan tidak mengandung bahan pewarna, pewangi. Sangat lembut di wajah sekaligus ampuh membersihkan makeup, waterproof mascara, sunscreen, dll. ------------------------------------- Ingredients : Ethylhexyl Palmitate, Triethylhexanoin, Sorbeth-30 Tetraiso