Skip to main content

Lip balm untuk bibir kering dan sensitif

Saya sudah mencoba berbagai macam lip balm beraroma atau bahan seperti menthol, awal pemakaian memang terasa lembab walaupun menurut saya tidak terlalu melembabkan bibir saya juga tapi setelah saya melanjutkan pemakaian secara rutin malah muncul masalah seperti bagian pinggir atas bibir saya kering dan terkelupas, sangat tidak nyaman karena bibir saya jadi terasa bertekstur. Jika kamu pernah mengalami hal yang sama telah saya alami, beberapa hal yang sebenarnya dapat memperparah bibir pecah-pecah adalah sebagai berikut :

1.  Sering menjilat bibir
Air liur mengandung enzim yang membuatnya efektif untuk mencerna makanan kita ketika makan. Dengan menjilat bibir, senyawa organik dalam air liur tersebut menempel di bibir , saat air liur mengering dan menguap akan membuat bibir kamu jadi semakin kering dan pecah-pecah. Memakai lip balm adalah cara terbaik agar tidak menjilat bibir anda.

2. Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari dapat memperburuk bibir yang pecah-pecah, jadi penting untuk menggunakan lip balm dengan SPF untuk menjaga bibir anda terlindungi. Sangat sulit untuk saya menemukan lip balm dengan kandungan SPF tinggi, alternatif lain adalah dengan mengaplikasikan lotion/cream SPF yang biasa saya pakai di wajah saya lalu di lapisi lagi dengan lip balm seperti biasa.

3. Lip balm beraroma/ flavor/ fragrance
Dokter kulit sepakat bahwa wewangian yang umumnya ditemukan dalam lip balm dapat mengiritasi kulit dan meningkatkan potensi pecah-pecah. Asalkan anda menggunakan sesuatu dengan bahan yang tepat, anda sebenarnya tidak perlu mengaplikasikan lip balm terlalu sering dalam satu hari. 
Yang terbaik adalah menghindari menggunakan produk apa pun dengan aroma dan warna di dalamnya untuk mencegah penguapan kelembaban dari bibir. 

4. Bahan-bahan yang mengiritasi
Bahan lain yang perlu dihindari adalah menthol atau peppermint yang biasanya ditambahkan pada lip balm untuk sensasi dingin dan menenangkan ini sebenarnya dapat membuat iritasi pada kulit. Senyawa kimia seperti cinnamon/ kayu manis, bahkan bahan seperti fuit extract juga dapat menyebabkan iritasi untuk sebagian orang terutama pada kulit sensitif.

Salah satu bahan terbaik dalam produk bibir adalah petrolatum yang merupakan turunan minyak mineral dan kita tahu ada banyak kekhawatiran tentang mineral oil yang sebenarnya tidak ada bukti ancaman terhadap kesehatan manusia dengan menggunakan minyak mineral atau parafin ke kulit, malahan bahan ini terus berlanjut untuk digunakan dalam pengobatan tanpa efek buruk terhadap manusia.

Lip balm yang  mengandung petrolatum:

1. Vaseline original 100% pure petroleum jelly
Bahan pada vaseline adalah 100%  white petrolatum, tapi perlu diperhatikan bahwa vaseline mengeluarkan berbagai macam lip care bahkan sekarang sudah ada dalam kemasan mini dengan berbagai macam flavor/rasa. Untuk kulit sensitif sebaiknya menghindari vaseline kemasan mini tersebut, mereka tidak hanya memasukkan aroma/flavor tapi juga pewarna buatan seperti yellow 5 lake. Sedangkan pada vaseline original dalam jar besar tidak ada pewangi buatan dan pewarna buatan. Pengalaman saya pribadi, saya lebih suka menggunakan vaseline yang versi original dalam jar besar  karena teksturnya lebih halus dan lebih mudah di ratakan di bibir saya, Walaupun saya tidak mengalami iritasi dengan menggunakan vaseline original versi mini ( tanpa pewangi tapi ada bahan pewarna ) saya kurang suka dengan teksturnya yang sangat padat, agak sulit di ambil produknya dari dalam jar mini tersebut.


Daftar produk Vaselin Lip care dengan bahan pewangi dan pewarna :
Nama Produk Vaseline Lip Care
Komposisi
Vaseline, Lip Therapy, Lip Balm, Original
petrolatum, yellow 5 lake
Vaseline, Lip Therapy, Lip Balm, Rosy Lips
petrolatum, flavor, red 30 lake, yellow 5 lake
Vaseline, Lip Therapy, Lip Balm, Cocoa Butter
petrolatum, flavor, theobroma cacao (cocoa) seed butter, yellow 5 lake
Vaseline, Lip Therapy, Lip Balm, Creme Brulee
petrolatum, flavor, theobroma cacao(cocoa)seed butter, yellow 5 lake
Vaseline, Lip Therapy Tin, Lip Balm, Aloe
petrolatum, aloe barbadensis leaf extract, flavor (aroma)
Vaseline, Lip Therapy Tin, Lip Balm, Rosy Lips
petrolatum, flavor, titanium dioxide (CI 77891), Red 30 (CI 73360)

Lip balm untuk bibir kering dan sensitif
Ingredients Vaseline original mini 7g
Daftar Produk Vaseline Lip care Jar besar tanpa pewarna dan pewangi :
Nama Produk Vaseline Original
Komposisi
Vaseline 100% Pure Petroleum Jelly Original Skin Protectant 
White petrolatum, usp 100%
Vaseline 100% white petrolatum  Original Healing jelly Skin Protectant
White petrolatum, usp 100%

Lip balm untuk bibir kering dan sensitif
Komposisi Vaseline original 49g
Lip balm untuk bibir kering dan sensitif
Vaseline Original 49g
Pengertian USP 100% pada kemasan vaseline, silahkan klik disini

2. Ego QV Lip Balm SPF 30
QV skincare merupakan brand dari Australia. Memiliki tekstur gel padat berwarna putih bening transparant, tidak lengket di bibir, tidak ada pewangi dan pewarna buatan. Walaupun isi gel nya padat tapi sangat mudah di aplikasikan ke bibir, gel nya langsung melting setelah diratakan. Saya sangat menyukai lip balm ini bahkan saya sangat merekomendasikan lip balm spf ini karena merupakan kombinasi yang tepat dalam merawat bibir yang kering dengan memberikan kelembaban sekaligus melindungi bibir dari sinar matahari.
Lip balm untuk bibir kering dan sensitif
Komposisi : 
Paraffinum Liquidum, ​Petrolatum, Caprylic/Capric Triglyceride, Polyethylene, Cetearyl Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, ​Butyl Methoxydibenzoylmethane, ​Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Bencoate, Silica, Dimethicone, Tocopherol

3. Nivea deep moisture unscented SPF 20 japan version
Saya beli lip balm Nivea deep moisture unscented spf 20 karena namanya unscented yang artinya tanpa pewangi. Selain saya tidak bisa baca tulisan jepang di belakang kemasannya, saya yakin tidak mencium sama sekali ada wewangian pada produk tersebut. Suatu hari saya iseng cek di website COSDNA untuk cek ingredients dari lip balm ini , saya taget lihat ada bahan parfum di baris terakhir komposisinya, tidaaaaak.... Untuk memastikan, saya cek lagi di website nivea jepang. Semua produk mereka tidak diberikan keterangan komposisi, lalu saya email mereka dengan bahasa inggris, beberapa jam kemudian dibalas dengan bahasa Jepang 😄... tidaaaak, why? saya google translete isi emailnya tidak ada daftar ingredients yang saya minta juga, mereka malah kasih link entah apa. Kecewa!!!!. Karena saya sedikit pintar, saya cari lagi di web mpglobal.donki.com yang menjual produk-produk jepang. Web tersebut tidak hanya memberikan keterangan bahan parfum nya saja melainkan ada bahan pewarnanya juga. Terlepas dari terlambatnya saya mengetahui bahan-bahan tersebut, lip balm ini telah saya gunakan selama 2 bulan lebih dan untungnya saya tidak mengalami iritasi sampai saat ini, malahan saya sangat menyukai lip balm ini karena melembabkan seperti vaseline tapi dalam kemasan stick yang lebih mudah digunakan tanpa harus colak-colek produknya. Dikarenakan SPF didalamnya terlalu kecil, jadi tidak cukup untuk melindungi bibir dari sinar matahari, saya harus aplikasikan face sunscreen saya terlebih dahulu jika ingin menggunakan lip balm ini di pagi hingga sore hari.
Lip balm untuk bibir kering dan sensitif
Ingredients:
tocopheryl acetate*, stearyl glycyrrhetinate*, olive oil, petroleum jelly, diisostearyl malate, hydrogenated polybutene, dipentaerythrityl hexahydroxystearate, ceresin, phytosteryl/octyldodecyl lauroyl glutamate, phytosteryl/isostearyl/cetyl/stearyl/behenyl dimer dilinoleate, octyl para-methoxycinnamate, polyglyceryl diisostearate, polyethylene wax, phytosteryl/behenyl/octyldodecyl lauroyl glutamate, microcrystalline wax, liquid paraffin, glycerin, candelilla wax, trehalose, honey, royal jelly extract, dimethicone, butyl methoxydibenzoylmethane, BHT, water, natural vitamin E, ethanol, Yellow 4, Yellow 5, fragrance


4.  Pure paw paw ointment- the original
Paw paw adalah nama lain dari buah pepaya atau carica papaya. Pepaya ekstrak sebenarnya juga dapat mensensitifkan kulit untuk sebagian orang, saya lebih suka buah pepaya dimakan langsung dari pada dijadikan skincare, lebih banyak manfaatnya hehe. Saya pernah mencoba Pure paw paw yang original dengan kemasan warna merah, walaupun saya tidak mengalami iritasi pada bibir saya, tapi saya kurang suka dengan formula di dalam  tubenya, oil/minyak didalamnya suka terpisah dari jel nya. Kebetulan saya tidak punya lagi foto pure paw paw yang original warna merah. Dibawah ini adalah foto yang rasa grape, wangi buah anggur nya kuat sekali, sudah hampir setahun di laci saya karena tidak pernah saya pakai setelah mencium baunya sangat menyengat.

PPP original Ingredients:
Petrolatum, Carica Papaya Extract, Cera Alba, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.


PPP Grape Ingredients:
Petrolatum, Carica Papaya Extract, Cera Alba, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Flavour.

Lip balm untuk bibir kering dan sensitif




Comments

  1. Hi Salam kenal! Thank you buat sharingnya huhu seneng banget aku nemu tulisan ini. Karena kebetulan bibir aku lagi luka dan kering parah gara-gara pake lipmatte implora huhu trs udah pake purepawpaw nggak mempan, kayaknya mau coba vaseline petroleum jelly

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Hani, makasih sudah mampir baca yah.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW - 3 JOYLAB Sunscreens

I bought these sunscreens because it says no fragrance dimana saya selalu mengutamakan skincare product saya free of fragrance. Inilah mengapa saya tertarik untuk mencoba sunscreens dari Brand JOYLAB. Awalnya saya tahu brand ini dari website sociolla.com dan setelah cek ingredients di website JOYLAB tidak ada tambahan pewangi dan pewarna buatan, tapi web sociolla error berhari hari setelah maintenance. Jadi saya memutuskan untuk membelinya di shopee mall . Setelah paket saya terima, saya langsung baca keterangan pada kemasan. Tertulis bahwa produk mereka diproduksi di Thailand . Mungkin sama seperti brand MADFORMAKEUP yang merupakan brand lokal tapi produksi German . Hmm, interesting. Results / Hasil dari 3 sunscreens Joylab: +Ke 3 sunscreen ini semuanya menghasilkan white cast, so be aware if you have medium or darker skin tone i believe 100% you won't like it. +If you don't mind the scent of citrus oil and has fair to light skin tone, you might try the Brighter S

sheet mask non perfume untuk kulit sensitif

Di awal muncul nya sheet mask korea, saya sempat tergila-gila dengan produk tersebut. Semua orang pakai sheet mask, sampai saya ikut-ikutan menggunakannya setiap malam sebelum tidur. Lalu muncul brand-brand korea yang memproduksi berbagai macam sheet mask sampai saya kewalahan mau pakai yang mana, lalu saya beli semua, buang-buang duit, lalu menyesal kemudian, ouch.  Kalau di ingat-ingat lagi rutinitas saya setiap hari dengan sheet mask benar-benar konyol, seperti kurang kerjaan, pengangguran yang pingin cepat kaya lalu putus asa melakukan segala cara. Di awal-awal pemakaian memang wajah terlihat semakin cerah dan kenyal. lama-lama kalau diteliti lebih lanjut, wajah saya kadang gatal, muncul kemerahan disebagian wajah, lalu jerawat nasi muncul, ternyata semua sheet mask yang saya coba dulu itu mengandung banyak parfum, fruit extract, bahkan essential oil, intinya adalah saya jadi alergi karena bahan pewangi tersebut. Kalau dipikir-pikir ngapain juga saya taroh pewangi di wajah s

9 Serum Lokal Terbaik Tanpa Pewangi

Salah satu kekurangan dari brand lokal adalah tidak mencantumkan full ingredients pada official website mereka. Sebelum saya membeli suatu produk, saya termasuk orang yang mengutamakan membaca komposisi lengkap suatu produk. Sangat disayangkan bahwa sebagian website lokal brand masih malas mencantumkan komposisi lengkap mereka ditiap produknya. Did you know, Dermatologist tested doesn't mean Dermatologist Approved  Semoga lokal brand membuang bahan-bahan seperti : -PARFUM -ESSENTIAL OILS -MENTHOL -DRY ALCOHOL -GOLD Komposisi tersebut diatas adalah bahan yang mengiritasi kulit. Seandainya saja kalian tidak malas mencari tahu tentang bahan-bahan tersebut, kalian akan menemukan banyak sumber yang mengatakan bahwa komposisi tersebut sama sekali tidak ada manfaat nya selain dapat mengiritasi kulit sensitive, memperparah kulit berjerawat. Tidak ada penelitian yang memberikan hasil positif untuk kulit atas bahan-bahan diatas. You don't need your face to smell like a bottle

5 Cleansing Oil Tanpa Pewangi

Fungsi dari cleansing oil ini sama seperti micellar water yaitu step pertama untuk membersihkan makeup, debu, sunscreen, waterproof mascara, eye liner, dan sebagainya. Perbedaannya adalah cleansing oil menggunakan bahan utama oil sebagai formula pembersihnya. Tidak seperti micellar water yang membutuhkan kapas, cleansing oil/minyak pembersih hanya digosokkan menggunakan tangan ke seluruh wajah dan leher, lalu dibilas, setelah itu lakukan step ke 2 yaitu mencuci wajah dengan facial wash. Dibawah ini adalah 5 produk cleansing oil bebas dari pewangi yang menjadi favorit saya: 1. Hada labo - Ultimate moisturizing cleansing oil- 100ml Cleansing oil dari Hada Labo ini memiliki bahan hyaluronic acid agar kulit wajah tetap lembab dan tidak mengandung bahan pewarna, pewangi. Sangat lembut di wajah sekaligus ampuh membersihkan makeup, waterproof mascara, sunscreen, dll. ------------------------------------- Ingredients : Ethylhexyl Palmitate, Triethylhexanoin, Sorbeth-30 Tetraiso