Skip to main content

Petroleum untuk kulit kering

Petroleum untuk kulit kering
Petroleum Jelly
Kalau dengar kata petrolatum atau petroleum jelly pasti yang saya ingat atau sebut adalah Vaseline. Nama vaseline sempat buruk bahkan masih banyak yang percaya karena beberapa sumber mengatakan bahwa petroleum jelly itu berbahaya bagi kesehatan kulit, hormon, dan sebagainya. Menurut saya ini adalah sebuah kasus yang mirip seperti PARABEN. Saya juga sempat bingung kenapa banyak orang takut memakai vaseline tapi memilih memakai brand lain yang bahannya sama persis dengan vaseline, seperti brand Uriage, Pure paw paw, Aquaphor, Nivea, QV, Aveeno, Cerave dan lain-lain. Saya pernah baca artikel yang isinya memberi ketakutan kepada para pembacanya tentang Petrolatum, jujur saya juga sempat takut. Tapi karena saya benci dibodohi, saya banyak mencari informasi, mendapatkan informasi yang baik itu tidak cukup hanya dengan membaca artikel dari 1 atau 2 sumber. Saya biasanya cari dari segala sumber, entah itu artikel lokal dan luar negri. Mohon maaf sebelumnya, dikarenakan saya hanya sedikit pintar😆, saya lupa mencatat dari mana sebagian sumber  artikel yang saya dapat ini. Kebanyakan artikel yang saya baca adalah artikel dari luar negeri, tapi dapat disimpulkan bahwa saya percaya untuk tidak perlu takut dengan berita buruk tentang petrolatum.

Sejarah 
Pada tahun 1850-an, kimiawan Robert Chesebrough memulai proses penyulingan dan pembersihan gel tebal yang ditemukan pada sumur minyak dan terciptalah Vaselin yang dijual pada  tahun 1870 di Amerika.

Petrolatum untuk kulit berminyak dan berjerawat
Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa mineral oil menyebabkan jerawat, satu-satunya alasan yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah karena teksturnya yang tebal dan berat, jadi ketika anda memakainya, ketebalan bahan tersebut dapat menghambat produksi minyak anda untuk muncul ke permukaan kulit anda, itulah mengapa beberapa orang yang memiliki kulit  berminyak berpikir bahwa petrolatum atau mineral oil komedogenik. Entah orang waras mana yang mau menggunakan petrolatum sebagai krim pelembab ke wajah yang berminyak karena saya sebagai pemilik jenis kulit berminyak saja sudah membayangkannya pasti sangat tidak nyaman sekali.
Acne patch memiliki bahan mineral oil / petrolatum/ Paraffinum Liquidum/ Liquid Paraffin
Cosrx memiliki lebih dari satu jenis acne patch , yaitu :
1. Clear Fit Master Patch
2. AC Collection Acne Patch
3. Acne Pimple Master Patch
Semua acne patch produksi COSRX ini memasukkan bahan petrolatum pada produk tersebut. Derma Angel Acne Pimple Patch/cosdna.com dari taiwan pun memasukkan bahan mineral oil didalamnya. Hampir  semua orang mengeluarkan review yang baik tentang acne patches tersebut, termasuk saya. Acne patch merupakan penolong untuk proses penyembuhan pada jerawat tertentu serta mengurangi inflamasi dengan menyerap jerawat lebih cepat.

Petrolatum sebagai salah satu bahan yang dibutuhkan saat membuat tato
Artis tato menggunakan vaseline pada kulit saat melakukan tato, selain digunakan untuk menghambat keluarnya darah berlebihan , petrolatum membantu menjaga kulit tetap lembut dan untuk membantu menghentikan pembengkakkan saat mereka melakukan pekerjaannya sekaligus berguna untuk pelumas jarum agar mudah masuk ke kulit. Lalu tersebar rumor bahwa vaseline tidak baik digunakan untuk masa penyembuhan tato atau tato baru, sebagai gantinya mereka memberikan brand lain seperti A+D ointment yang pada dasarnya memiliki bahan petrolatum juga, lalu brand dengan nama Hustle Butter yang memang tanpa bahan petrolatum tapi memiliki beberapa bahan parfum yang dapat mengiritasi kulit seperti mint, essential oil, rosemary extract, papaya, mango (why would you put papaya and mango in your skin?) mangga dan pepaya dimakan aja say! lebih banyak manfaatnya hehe.

Dunia medis
Meskipun bukan sebagai pengobatan profilaksis, vaseline adalah salah satu pelembab yang direkomendasikan untuk pengobatan eksim oleh The national eczema association. Vaseline dan Parafin tidak beracun dan digunakan secara medis. Vaseline diakui oleh U.S. Food and Drug Administration ( FDA )sebagai protektan kulit yang diterima dan secara luas digunakan untuk perawatan kosmetik.

EWG (Environmental Working Group), organisasi yang melakukan studi lingkungan dan keselamatan, mengatakan ada petrolatum dalam satu dari setiap 14 produk kosmetik di pasaran dan digunakan sebagai bahan aktif untuk penyembuhan luka dan luka bakar. Namun, EWG mengatakan kosmetik yang menggunakan petrolatum perlu studi lebih lanjut untuk keamanan. EWG, pemerintah dan CCTFA mengakui ada risiko kontaminasi dari Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAH), bahan kimia ditemukan dalam minyak mentah yang menyebabkan kanker, sementara tidak ada penelitian yang pernah menunjukkan hubungan langsung antara petrolatum dan kanker.

USP
United States Pharmacopeia (USP) adalah farmakope (kompendium informasi obat) yang dipublikasikan setahun sekali oleh United States Pharmacopeial Convention, biasanya disebut USP. Perhatikan keterangan komposisi pada produk vaselin di belakang kemasan tertulis White petrolatum, USP 100%. Itu artinya bahan mineral oil mereka telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh USP. Petrolatum yang digunakan dalam produk kosmetik dan perawatan pribadi merupakan penyulingan kualitas tinggi dan harus memenuhi semua standar yang ditetapkan oleh USP, termasuk batasan PAH. Petrolatum yang digunakan sebagai bahan aktif dalam obat bebas harus melewati kontrol regulasi yang lebih ketat. Paul Hughes, technical manager unilever canada mengatakan "Beberapa orang menciptakan ketakutan di antara konsumen dengan hanya menceritakan sebagian dari cerita".
Petroleum untuk kulit kering
kompisisi Vaseline original
Pengalaman pribadi
Saya kadang menggunakan bahan petrolatum di bawah mata saya yang kering sehingga menjadi lembab setelahnya. Saya mendapatkan kelembaban yang sempurna dengan memakai bahan petrolatum ke bibir saya dan juga bagian-bagian tertentu pada kulit badan saya yang kering. Telapak kaki saya yang kering dan pecah-pecah pun bisa disembuhkan dengan diolesi petrolatum dimalam hari lalu tutup dengan memakai kaus kaki. Pernah jempol/ ibu jari saya iritasi, perih karena sabun cuci piring, petrolatum dapat menyembuhkan jempol saya dengan sangat cepat. Bagian belakang kuping saya juga pernah mengalami kulit kering, saya olesi petrolatum dan kulit kuping saya kembali normal. 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW - 3 JOYLAB Sunscreens

I bought these sunscreens because it says no fragrance dimana saya selalu mengutamakan skincare product saya free of fragrance. Inilah mengapa saya tertarik untuk mencoba sunscreens dari Brand JOYLAB. Awalnya saya tahu brand ini dari website sociolla.com dan setelah cek ingredients di website JOYLAB tidak ada tambahan pewangi dan pewarna buatan, tapi web sociolla error berhari hari setelah maintenance. Jadi saya memutuskan untuk membelinya di shopee mall . Setelah paket saya terima, saya langsung baca keterangan pada kemasan. Tertulis bahwa produk mereka diproduksi di Thailand . Mungkin sama seperti brand MADFORMAKEUP yang merupakan brand lokal tapi produksi German . Hmm, interesting. Results / Hasil dari 3 sunscreens Joylab: +Ke 3 sunscreen ini semuanya menghasilkan white cast, so be aware if you have medium or darker skin tone i believe 100% you won't like it. +If you don't mind the scent of citrus oil and has fair to light skin tone, you might try the Brighter S

sheet mask non perfume untuk kulit sensitif

Di awal muncul nya sheet mask korea, saya sempat tergila-gila dengan produk tersebut. Semua orang pakai sheet mask, sampai saya ikut-ikutan menggunakannya setiap malam sebelum tidur. Lalu muncul brand-brand korea yang memproduksi berbagai macam sheet mask sampai saya kewalahan mau pakai yang mana, lalu saya beli semua, buang-buang duit, lalu menyesal kemudian, ouch.  Kalau di ingat-ingat lagi rutinitas saya setiap hari dengan sheet mask benar-benar konyol, seperti kurang kerjaan, pengangguran yang pingin cepat kaya lalu putus asa melakukan segala cara. Di awal-awal pemakaian memang wajah terlihat semakin cerah dan kenyal. lama-lama kalau diteliti lebih lanjut, wajah saya kadang gatal, muncul kemerahan disebagian wajah, lalu jerawat nasi muncul, ternyata semua sheet mask yang saya coba dulu itu mengandung banyak parfum, fruit extract, bahkan essential oil, intinya adalah saya jadi alergi karena bahan pewangi tersebut. Kalau dipikir-pikir ngapain juga saya taroh pewangi di wajah s

9 Serum Lokal Terbaik Tanpa Pewangi

Salah satu kekurangan dari brand lokal adalah tidak mencantumkan full ingredients pada official website mereka. Sebelum saya membeli suatu produk, saya termasuk orang yang mengutamakan membaca komposisi lengkap suatu produk. Sangat disayangkan bahwa sebagian website lokal brand masih malas mencantumkan komposisi lengkap mereka ditiap produknya. Did you know, Dermatologist tested doesn't mean Dermatologist Approved  Semoga lokal brand membuang bahan-bahan seperti : -PARFUM -ESSENTIAL OILS -MENTHOL -DRY ALCOHOL -GOLD Komposisi tersebut diatas adalah bahan yang mengiritasi kulit. Seandainya saja kalian tidak malas mencari tahu tentang bahan-bahan tersebut, kalian akan menemukan banyak sumber yang mengatakan bahwa komposisi tersebut sama sekali tidak ada manfaat nya selain dapat mengiritasi kulit sensitive, memperparah kulit berjerawat. Tidak ada penelitian yang memberikan hasil positif untuk kulit atas bahan-bahan diatas. You don't need your face to smell like a bottle

5 Cleansing Oil Tanpa Pewangi

Fungsi dari cleansing oil ini sama seperti micellar water yaitu step pertama untuk membersihkan makeup, debu, sunscreen, waterproof mascara, eye liner, dan sebagainya. Perbedaannya adalah cleansing oil menggunakan bahan utama oil sebagai formula pembersihnya. Tidak seperti micellar water yang membutuhkan kapas, cleansing oil/minyak pembersih hanya digosokkan menggunakan tangan ke seluruh wajah dan leher, lalu dibilas, setelah itu lakukan step ke 2 yaitu mencuci wajah dengan facial wash. Dibawah ini adalah 5 produk cleansing oil bebas dari pewangi yang menjadi favorit saya: 1. Hada labo - Ultimate moisturizing cleansing oil- 100ml Cleansing oil dari Hada Labo ini memiliki bahan hyaluronic acid agar kulit wajah tetap lembab dan tidak mengandung bahan pewarna, pewangi. Sangat lembut di wajah sekaligus ampuh membersihkan makeup, waterproof mascara, sunscreen, dll. ------------------------------------- Ingredients : Ethylhexyl Palmitate, Triethylhexanoin, Sorbeth-30 Tetraiso