Skip to main content

8 Alasan mengapa produk acne treatment mu tidak bekerja dengan baik

8 Alasan mengapa produk acne treatment mu tidak bekerja dengan baik
Image by Sharon McCutcheon from Pixabay
Produk exfoliasi untuk kulit berjerawat biasanya mengandung bahan aktif acid yang persentasinya dimulai dari 1% atau lebih. Contoh bahan acid tersebut adalah AHA, BHA, salicylic acid, Glycolic acid, lactic acid, betaine salicylate, dan sebagainya. Bahan-bahan acne treatment tersebut sudah rajin digunakan tapi jerawat tidak kunjung sembuh.

Berikut adalah 8 penyebab produk acne treatment kamu tidak bekerja dengan baik :

1. Tidak menggunakan sunscreen
Kulit berjerawat yang sedang melakukan perawatan akan lebih sensitif terhadap matahari. Pastikan kamu menggunakan sunscreen setiap pagi dan hindari terik matahari berlebih agar jerawat tidak menjadi semakin parah.


2. Salah menggunakan produk
Permasalahan ini biasanya disebabkan karena kita malas searching bahan-bahan apa yang biasanya digunakan pada tiap jenis kulit. Sehingga kita salah menggunakan produk acne treatment dan jadi terbuang sia-sia. Tidak ada salahnya untuk jenis kulit berminyak menggunakan bahan AHA, tapi perlu diketahui bahwa AHA lebih baik dan cepat di terima oleh jenis kulit kering, sedangkan umumnya BHA lebih cepat diterima dan bekerja dengan baik oleh jenis kulit berminyak. Kulit berminyak juga biasanya akan mengalami lebih perih jika menggunakan AHA ketimbang BHA.

3. Menggunakan bahan aktif acid secara berlebihan
Menggunakan bahan aktif acid seperti AHA, BHA, dll setiap hari dapat membuat kulit kering, iritasi, bahkan dapat menimbulkan fine line. Kamu tetap butuh nutrisi. Sama halnya seperti manusia butuh dagig tapi juga butuh sayur. Manusia butuh makan tapi juga butuh olah raga. Yang terpenting adalah kamu menggunakan acne treatment secara bertahap dan konsisten.

4. Tergiur pada nama di kemasan
Akuilah bahwa kita pernah langsung membeli produk hanya karna nama nya adalah untuk acne treatment atau semacamnya. Sembarangan membeli produk tidak jelas pun masih sering terjadi (mis. produk kemasan murahan tidak tertera komposisinya). Produk yang benar akan transparant mencantumkan keterangan lengkap ingredient lists pada kemasan. Perizinan suatu produk juga tidak kalah penting, di Indonesia biasa kita sebut BPOM, sedangkan di Amerika disebut FDA, ini tergantung negaranya. 

5. PH balance pada produk
Bahan acid akan berfungsi baik jika PH nya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. PH tinggi dapat mengiritasi kulit sensitif, kulit menjadi merah, perih. Bukan berarti PH level tinggi tidak berfungsi pada kulit tapi ini akan menjadi masalah untuk sebagian orang  sehingga menjadikan produk treatment mu kurang efektif. 

6. One product doesn't suit for everyone
Pernah dengar skincare itu cocok-cocokan ? memang benar bahwa produk skincare yang cocok untuk si A belum tentu cocok untuk si B, tidak peduli bahwa produk itu mahal atau memiliki bahan-bahan potent sekalipun. Bahkan krim resep dokter belum tentu cocok digunakan untuk semua orang. Salah satu cara untuk mengetahui apakah produk itu cocok atau tidak adalah dengan mencoba produk tersebut sendiri.

7. Produk acne treatment kamu memiliki bahan tambahan pewangi dan dry alcohol
Orang yang memiliki jenis kulit berjerawat itu kulitnya sedang luka dan lebih sensitif dari jenis kulit lainya, sebaiknya hindari bahan-bahan pewangi yang alami/tidak. Kamu tidak membutuhkan pewangi alami dan pewangi tambahan lainnya agar kamu merasa kulitmu wangi. Bahan seperti Menthol, lemon extract, lavender oil, bahkan tea tree oil dapat membuat iritasi kulit berjerawat.

8. Menggunakan foundation tebal
Hindari penggunaan alas bedak yang berlabel 24 hours, matte finish. Bukan berarti kamu tidak boleh memakai alas bedak, tapi menutup jerawat dengan foundation full coverage akan membuat jerawat kamu bukannya semakin membaik tapi malah timbul jerawat baru. Gesekan dari tangan dan sabun dalam menghapus foundation tebal di kulit berjerawat justru akan membuat kulitmu rentan iritasi, jerawat malah jadi perih dan terluka.

Postingan terkait :
💓5 PRODUK UNTUK MENGHILANGKAN JERAWAT PUNGGUNG DAN BEKAS NYA
💓Produk ERHA untuk kulit berminyak, sensitif dan acne prone
💓BENZOYL PEROXIDE (BP) untuk jerawat membandel

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW - 3 JOYLAB Sunscreens

I bought these sunscreens because it says no fragrance dimana saya selalu mengutamakan skincare product saya free of fragrance. Inilah mengapa saya tertarik untuk mencoba sunscreens dari Brand JOYLAB. Awalnya saya tahu brand ini dari website sociolla.com dan setelah cek ingredients di website JOYLAB tidak ada tambahan pewangi dan pewarna buatan, tapi web sociolla error berhari hari setelah maintenance. Jadi saya memutuskan untuk membelinya di shopee mall . Setelah paket saya terima, saya langsung baca keterangan pada kemasan. Tertulis bahwa produk mereka diproduksi di Thailand . Mungkin sama seperti brand MADFORMAKEUP yang merupakan brand lokal tapi produksi German . Hmm, interesting. Results / Hasil dari 3 sunscreens Joylab: +Ke 3 sunscreen ini semuanya menghasilkan white cast, so be aware if you have medium or darker skin tone i believe 100% you won't like it. +If you don't mind the scent of citrus oil and has fair to light skin tone, you might try the Brighter S

sheet mask non perfume untuk kulit sensitif

Di awal muncul nya sheet mask korea, saya sempat tergila-gila dengan produk tersebut. Semua orang pakai sheet mask, sampai saya ikut-ikutan menggunakannya setiap malam sebelum tidur. Lalu muncul brand-brand korea yang memproduksi berbagai macam sheet mask sampai saya kewalahan mau pakai yang mana, lalu saya beli semua, buang-buang duit, lalu menyesal kemudian, ouch.  Kalau di ingat-ingat lagi rutinitas saya setiap hari dengan sheet mask benar-benar konyol, seperti kurang kerjaan, pengangguran yang pingin cepat kaya lalu putus asa melakukan segala cara. Di awal-awal pemakaian memang wajah terlihat semakin cerah dan kenyal. lama-lama kalau diteliti lebih lanjut, wajah saya kadang gatal, muncul kemerahan disebagian wajah, lalu jerawat nasi muncul, ternyata semua sheet mask yang saya coba dulu itu mengandung banyak parfum, fruit extract, bahkan essential oil, intinya adalah saya jadi alergi karena bahan pewangi tersebut. Kalau dipikir-pikir ngapain juga saya taroh pewangi di wajah s

9 Serum Lokal Terbaik Tanpa Pewangi

Salah satu kekurangan dari brand lokal adalah tidak mencantumkan full ingredients pada official website mereka. Sebelum saya membeli suatu produk, saya termasuk orang yang mengutamakan membaca komposisi lengkap suatu produk. Sangat disayangkan bahwa sebagian website lokal brand masih malas mencantumkan komposisi lengkap mereka ditiap produknya. Did you know, Dermatologist tested doesn't mean Dermatologist Approved  Semoga lokal brand membuang bahan-bahan seperti : -PARFUM -ESSENTIAL OILS -MENTHOL -DRY ALCOHOL -GOLD Komposisi tersebut diatas adalah bahan yang mengiritasi kulit. Seandainya saja kalian tidak malas mencari tahu tentang bahan-bahan tersebut, kalian akan menemukan banyak sumber yang mengatakan bahwa komposisi tersebut sama sekali tidak ada manfaat nya selain dapat mengiritasi kulit sensitive, memperparah kulit berjerawat. Tidak ada penelitian yang memberikan hasil positif untuk kulit atas bahan-bahan diatas. You don't need your face to smell like a bottle

5 Cleansing Oil Tanpa Pewangi

Fungsi dari cleansing oil ini sama seperti micellar water yaitu step pertama untuk membersihkan makeup, debu, sunscreen, waterproof mascara, eye liner, dan sebagainya. Perbedaannya adalah cleansing oil menggunakan bahan utama oil sebagai formula pembersihnya. Tidak seperti micellar water yang membutuhkan kapas, cleansing oil/minyak pembersih hanya digosokkan menggunakan tangan ke seluruh wajah dan leher, lalu dibilas, setelah itu lakukan step ke 2 yaitu mencuci wajah dengan facial wash. Dibawah ini adalah 5 produk cleansing oil bebas dari pewangi yang menjadi favorit saya: 1. Hada labo - Ultimate moisturizing cleansing oil- 100ml Cleansing oil dari Hada Labo ini memiliki bahan hyaluronic acid agar kulit wajah tetap lembab dan tidak mengandung bahan pewarna, pewangi. Sangat lembut di wajah sekaligus ampuh membersihkan makeup, waterproof mascara, sunscreen, dll. ------------------------------------- Ingredients : Ethylhexyl Palmitate, Triethylhexanoin, Sorbeth-30 Tetraiso