Skip to main content

Mengapa kulit menggelap walau sudah menggunakan sunscreen

Sunscreen/Tabir surya menyaring sejumlah UVA dan UVB (ini tergantung pada tabir surya yang kamu pilih) untuk jangka waktu tertentu, tergantung pada level SPF. Contoh :
  1. Kulit tanpa sunscreen → kulit kamu akan membutuhkan waktu 10 menit untuk mulai menggelap (warna kulit menjadi coklat atau lebih coklat setelah terpapar sinar matahari) atau terbakar (kemerahan).
  2. Dengan SPF 15→ kulit kamu membutuhkan waktu 15 kali lebih lama untuk terbakar, jadi 150 menit = 2,5 jam
  3. Dengan SPF 30→butuh 30 kali lebih lama, jadi 300 menit = 5 jam
  4. Dengan SPF 50→ butuh 50 kali lebih lama, jadi 500 menit = 8,3 jam
Jadi jika kamu menggunakan SPF 15 dan menghabiskan seluruh sore kamu di bawah sinar matahari, kulitmu akan menggelap atau terbakar.

Sunscreen/ tabir surya tidak memblokir 100% dari sinar UV,  angkanya seperti ini:
- SPF 15 memblokir 93% dari sinar UV = kulit tetap mendapatkan 7% sinar UV
- SPF 30 memblokir 97% dari sinar UV = kulit tetap mendapatkan 3% sinar UV
- SPF 50 memblokir 98% dari sinar UV = kulit tetap mendapatkan 2% sinar UV

YOU WILL GET TAN NO MATTER WHAT

Apa pun yang terjadi, kamu akan sedikit tan walaupun sudah menggunakan sunscreen. Penggelapan terjadi bahkan di bawah lapisan sunscreen, ini tidak berarti merusak kulit. Ini adalah reaksi kulit yang alami dan akan terjadi kapan saja. Karena pada akhir nya manusia juga membutuhkan vitamin D dari sinar matahari untuk menjaga kekebalan tubuh.
Banyak orang kita merasa wajahnya semakin "KUSAM/GOSONG" walau sudah menggunakan sunscreen. Saya merasa terganggu dengan kata-kata KUSAM/GOSONG tersebut, I really hates those words. Mereka mengira bahwa TAN adalah KUSAM/GOSONG. NO! Kulit kamu hanya menggelap , bukan KUSAM apalagi GOSONG !! hehe. Kamu hanya perlu merawat kulit mu lebih ekstra di malam hari setelah siang hari terpapar sinar UV agar tidak kering, mengelupas, gatal, dan terhindar segala macam permasalahan kulit lainnya.
your skin colour doesnt define your level of beauty
Beberapa orang tidak/sulit mengalami penggelapan kulit walaupun sudah berjemur dibawah terik matahari. Ada banyak orang kulit putih yang hanya terbakar oleh sinar UV. Kulit mereka hanya memerah tapi warna asli kulit tidak berubah. Itulah mengapa kita lebih sering melihat orang barat/ bule berjemur berjam-jam di pinggir pantai.

Sunscreen memudar di beberapa bagian tubuh kamu karena keringat atau gesekan dari handuk/ pakaian kamu. Itulah mengapa aplikasi ulang sangat penting! 

Tabir surya melindungi kamu dari Hyperpigmentation. 
Orang-orang tua yang mendapatkan dark sun spots/bintik-bintik matahari yang gelap itu karena tidak menggunakan tabir surya yang cukup.
Mengapa kulit menggelap walau sudah menggunakan sunscreen
weerapat1003
Tabir surya juga mencegah bekas jerawat dan agar jerawat kamu tidak menjadi semakin parah.

Kondisi kulit orang berbeda-beda terhadap matahari.
Saya dan Kakak saya berolah raga outdoor, lari pagi dari jam 7:00AM-8:30AM. Matahari cukup terang pada saat itu.
Perlu diketahui bahwa saya memiliki kondisi kulit sensitif terhadap matahari dengan/ tanpa sunscreen. Sedangkan kakak saya memiliki kulit normal/ lebih tahan matahari. Warna asli kulit saya adalah medium, sedangkan kakak saya ligt/terang. Kami menggunakan topi (baseball hat), saya menggunakan tabir surya, sedangkan kakak saya tidak menggunakan sunscreen ( kakak saya hanya menggunakan sunscreen jika dia travelling/ liburan ke pantai). Kulit lengan dan leher saya akan sedikit terbakar walaupun sudah menggunakan sunscreen. Yang parah adalah bagian belakang leher saya, salah satu penyebabnya adalah karena saya me-lap keringat saya di bagian leher berkali-kali yang menyebabkan sunscreen saya cepat terhapus. Bagian belakang leher saya terbakar dan mulai gatal setelah selesai olah raga dan beberapa jam setelahnya muncul ruam pada kulit. Ini tidak terjadi pada setiap orang. Kami berdua mengalami perubahan warna kulit menjadi sedikit lebih tan setelah beberapa hari berolah raga outdoor pada saat itu, tapi kakak saya tidak mengalami kulit terbakar atau iritasi/ alergi seperti saya.
Di hari berikutnya saya olah raga running lagi dan tidak melakukan kesalahan seperti sebelumnya, yaitu me-lap keringat saya dan akhirnya saya tidak lagi mengalami iritasi kulit seperti gatal dan muncul ruam di bagian belakang leher saya.

Kesimpulan
Jawaban singkat dari judul diatas mengapa kulit kita tetap menggelap walau sudah mengaplikasikan sunscreen secara benar adalah karena secara alami kulit kita akan tetap berubah warna semakin coklat dari warna aslinya dengan/tanpa sunscreen sekalipun, apalagi jika kamu melakukan aktifitas outdoor lebih dari 1 jam/ bahkan seharian. Kulit kita akan tetap menyerap sinar matahari walaupun memakai sunscreen seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa sunscreen tidak 100% memblokir sinar UV. Selain kita membutuhkan Vitamin D dari sinar matahari, kita juga harus tetap melindungi kulit kita dengan menggunakan sunscreen dan tidak terlalu lama terpapar matahari agar tidak berisiko kanker kulit.
Saya berharap para wanita tidak perlu takut warna kulitnya berubah warna menjadi lebih gelap dari warna asli kulit nya, lalu beralasan kulitnya jadi terasa kusam. Tidak masalah apapun warna kulit kamu cyin.
Warna kulit kamu tidak menentukan tingkat kecantikanmu
Related Post :
Petroleum untuk kulit kering
PARABEN pada produk kecantikan
3 Sunscreen untuk wajah dan badan- Tanpa pewangi

Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW - 3 JOYLAB Sunscreens

I bought these sunscreens because it says no fragrance dimana saya selalu mengutamakan skincare product saya free of fragrance. Inilah mengapa saya tertarik untuk mencoba sunscreens dari Brand JOYLAB. Awalnya saya tahu brand ini dari website sociolla.com dan setelah cek ingredients di website JOYLAB tidak ada tambahan pewangi dan pewarna buatan, tapi web sociolla error berhari hari setelah maintenance. Jadi saya memutuskan untuk membelinya di shopee mall . Setelah paket saya terima, saya langsung baca keterangan pada kemasan. Tertulis bahwa produk mereka diproduksi di Thailand . Mungkin sama seperti brand MADFORMAKEUP yang merupakan brand lokal tapi produksi German . Hmm, interesting. Results / Hasil dari 3 sunscreens Joylab: +Ke 3 sunscreen ini semuanya menghasilkan white cast, so be aware if you have medium or darker skin tone i believe 100% you won't like it. +If you don't mind the scent of citrus oil and has fair to light skin tone, you might try the Brighter S

sheet mask non perfume untuk kulit sensitif

Di awal muncul nya sheet mask korea, saya sempat tergila-gila dengan produk tersebut. Semua orang pakai sheet mask, sampai saya ikut-ikutan menggunakannya setiap malam sebelum tidur. Lalu muncul brand-brand korea yang memproduksi berbagai macam sheet mask sampai saya kewalahan mau pakai yang mana, lalu saya beli semua, buang-buang duit, lalu menyesal kemudian, ouch.  Kalau di ingat-ingat lagi rutinitas saya setiap hari dengan sheet mask benar-benar konyol, seperti kurang kerjaan, pengangguran yang pingin cepat kaya lalu putus asa melakukan segala cara. Di awal-awal pemakaian memang wajah terlihat semakin cerah dan kenyal. lama-lama kalau diteliti lebih lanjut, wajah saya kadang gatal, muncul kemerahan disebagian wajah, lalu jerawat nasi muncul, ternyata semua sheet mask yang saya coba dulu itu mengandung banyak parfum, fruit extract, bahkan essential oil, intinya adalah saya jadi alergi karena bahan pewangi tersebut. Kalau dipikir-pikir ngapain juga saya taroh pewangi di wajah s

9 Serum Lokal Terbaik Tanpa Pewangi

Salah satu kekurangan dari brand lokal adalah tidak mencantumkan full ingredients pada official website mereka. Sebelum saya membeli suatu produk, saya termasuk orang yang mengutamakan membaca komposisi lengkap suatu produk. Sangat disayangkan bahwa sebagian website lokal brand masih malas mencantumkan komposisi lengkap mereka ditiap produknya. Did you know, Dermatologist tested doesn't mean Dermatologist Approved  Semoga lokal brand membuang bahan-bahan seperti : -PARFUM -ESSENTIAL OILS -MENTHOL -DRY ALCOHOL -GOLD Komposisi tersebut diatas adalah bahan yang mengiritasi kulit. Seandainya saja kalian tidak malas mencari tahu tentang bahan-bahan tersebut, kalian akan menemukan banyak sumber yang mengatakan bahwa komposisi tersebut sama sekali tidak ada manfaat nya selain dapat mengiritasi kulit sensitive, memperparah kulit berjerawat. Tidak ada penelitian yang memberikan hasil positif untuk kulit atas bahan-bahan diatas. You don't need your face to smell like a bottle

5 Cleansing Oil Tanpa Pewangi

Fungsi dari cleansing oil ini sama seperti micellar water yaitu step pertama untuk membersihkan makeup, debu, sunscreen, waterproof mascara, eye liner, dan sebagainya. Perbedaannya adalah cleansing oil menggunakan bahan utama oil sebagai formula pembersihnya. Tidak seperti micellar water yang membutuhkan kapas, cleansing oil/minyak pembersih hanya digosokkan menggunakan tangan ke seluruh wajah dan leher, lalu dibilas, setelah itu lakukan step ke 2 yaitu mencuci wajah dengan facial wash. Dibawah ini adalah 5 produk cleansing oil bebas dari pewangi yang menjadi favorit saya: 1. Hada labo - Ultimate moisturizing cleansing oil- 100ml Cleansing oil dari Hada Labo ini memiliki bahan hyaluronic acid agar kulit wajah tetap lembab dan tidak mengandung bahan pewarna, pewangi. Sangat lembut di wajah sekaligus ampuh membersihkan makeup, waterproof mascara, sunscreen, dll. ------------------------------------- Ingredients : Ethylhexyl Palmitate, Triethylhexanoin, Sorbeth-30 Tetraiso